M I S I

Dalam rangka pencapaian visi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan kondisi dan permasalahan yang ada, tantangan kedepan, serta memperhitungkan peluang yang dimiliki, maka ditetapkan 4 (empat) misi Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur  2016 - 2021, sebagai berikut :

 Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, sehat dan berakhlak.

  1. Mengembangkan penguatan ekonomi masyarakat melalui pembangunan infrastruktur, pemantapan ketahanan pangan, pengembangan produk unggulan daerah dan pemanfaatan sumberdaya alam yang berwawasan lingkungan.
  2. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien.
  3. Mengembangkan daya saing daerah melalui usaha perdagangan dan jasa, industri pengolahan, serta pariwisata dan budaya.

Pembangunan ketahanan pangan merupakan perwujudan misi yang ke-1 dan ke-2 yaitu “Mengembangkan penguatan ekonomi masyarakat melalui pembangunan infrastruktur, pemantapan ketahanan pangan, pengembangan produk unggulan daerah dan pemanfaatan sumberdaya alam yang berwawasan lingkungan”. Misi ini diarahkan untuk mewujudkan kebijakan yang sistematis dalam rangka mengangkat derajat kelompok miskin dan hampir miskin yang sebagian besar berada di perdesaan, dengan kebijakan pengalokasian anggaran yang proporsional dan pembangunan yang berkeadilan. Afirmasi pelaksanaan misi melalui kemudahan akses permodalan, dukungan teknologi dan informasi, jaminan ketahanan pangan, kemandirian energi, peningkatan kesejahteraan pekerja, mewujudkan keadilan gender dan perlindungan anak, perluasan akses dan kualitas pelayanan dasar, penciptaan dan perluasan lapangan kerja, peningkatan produktivitas industri dan nilai investasi yang didukung reformasi agraria.

Merujuk pada misi tersebut, tujuan pembangunan ketahanan pangan sangat berkaitan dengan pencapaian tujuan mewujudkan kemandirian desa melalui kedaulatan pangan dengan sasaran meningkatkan ketersediaan, distribusi, keterjangkauan, kualitas, keamanan pangan berbasis sumber daya lokal dan penanganan rawan pangan serta penyediaan cadangan pangan pemerintah dan masyarakat.

V I S I

Visi merupakan suatu gambaran tentang keadaan masa depan yang berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan. Visi adalah suatu harapan dan tujuan yang akan dicapai, dalam mencapai visi tersebut memerlukan waktu yang panjang dan kerja keras, karena akan berkembang sesuai dengan kondisi lingkungan pembangunan ketahanan pangan. Untuk itu, Kelembagaan Ketahanan Pangan mempunyai visi tahun 2015-2019, yaitu : “Terwujudnya Ketahanan Pangan yang berbasis Kedaulatan dan Kemandirian Pangan”.

Untuk mencapai visi di atas, Kelembagaan Ketahanan Pangan mengemban misi dalam tahun 2015-2019, yaitu :

  1. Mengembangkan ketersediaan pangan yang berbasis pemanfaatan sumber daya lokal secara optimal;
  2. Meningkatkan pemanfaatan pangan atau konsumsi pangan dan gizi untuk hidup sehat, aktif dan produktif;
  3. Mengembangkan sistem keamanan pangan;
  4. Mengembangkan sistem penanganan kerawanan pangan dan intervensi krisis pangan;
  5. Mempercepat penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.

Pelaksanaan pembangunan ketahanan pangan bertujuan untuk mewujudkan pemantapan ketahanan pangan masyarakat sampai tingkat perseorangan secara berkelanjutan, dengan cara :

  1. Mengembangkan ketersediaan pangan yang berbasis pemanfaatan sumber daya lokal secara optimal;
  2. Meningkatkan keterjangkauan pangan dari aspek fisik dan ekonomi oleh seluruh masyarakat;
  3. Meningkatkan pemanfaatan pangan atau konsumsi pangan dan gizi untuk hidup sehat, aktif dan produktif;
  4. Mengembangkan sistem keamanan pangan;
  5. Mengembangkan sistem penanganan kerawanan pangan dan intervensi krisis pangan;
  6. Mempercepat penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.