Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam UUD 1945 sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Undang- Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan mengamanatkan bahwa negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan,  dan pemenuhan konsumsi    pangan  yang  cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perseorangan secara merata di seluruh wilayah NKRI sepanjang waktu dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan, dan budaya lokal.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang besar menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan  pangan rakyatnya,  namun  di  sisi  lain  dengan  sumber daya alam dan sumber pangan yang beragam, Indonesia harus mampu memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri.

Dewasa ini pembangunan ketahanan pangan dan gizi difokuskan pada  penguatan kedaulatan  pangan.  Kedaulatan  pangan  diyakini dapat diwujudkan dengan melaksanakan program swasembada pangan berkelanjutan, peningkatan nilai tambah produk pangan dan ekspor pangan, pengendalian impor, diversifikasi pangan, penguatan kelembagaan  petani,  pembangunan  sumber  daya  manusia Indonesia, dan lain sebagainya.

 Untuk membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan, melaksanakan evaluasi, dan melakukan pengendalian dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional, telah dibentuk Dewan Ketahanan Pangan melalui Perpres No.  83 Tahun  2006  sebagai penyempurnaan dari Keppres Nomor 132 Tahun 2001 dan untuk Kabupaten Kotawaringin Timur termuat dalam Surat Keputusan Bupati  Nomor 188.45/253/HUK-DKP/2017 Tanggal 27 Juli 2017 tentang Penetapan Dewan Ketahanan Pangan dan Sekretariat Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2017. Tugas utama Dewan Ketahanan Pangan (DKP) adalah mendukung  pemerintah dalam mewujudkan cita-cita pembangunan pangan dan gizi yang meliputi penyediaan, distribusi, cadangan, penganekaragaman konsumsi, pencegahan, serta penanggulangan masalah pangan dan gizi baik di tingkat pusat maupun daerah.

Tujuan Rapat Dewan Ketahanan Pangan   :

  1. Untuk mengetahui kegiatan –kegiatan yang sudah dilaksanakan sesuai dengan tahapan program.
  2. Untuk mengetahui permasalahan atau kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program serta upaya mengatasinya
  3. Sebagai bahan tindak lanjut untuk pelaksanaan Dewan Ketahanan Pangan tahap berikutnya .

Selain silaturahmi juga untuk mengkoordinasikan berbagai program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Anggota Dewan Ketahanan Pangan, dengan fokus pada Program Gerakan Diversifikasi Pangan dan menyelesaikan permasalahan di daerah-daerah rawan pangan khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur. Dewan Ketahanan Pangan terus diaktifkan, sehingga mampu untuk melakukan analisis dan kajian terhadap ketersediaan pangan, termasuk di dalamnya permasalahan distribusi dan konsumsi, serta keamanan pangan di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pertemuan Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Tahun 2018 dilaksanakan sesuai dengan amanat Perpres No.83 Tahun 2006 tentang Dewan Ketahanan Pangan, sebagai forum koordinasi Bupati/Walikota selaku Ketua DKP Kabupaten/Kota dalam rangka mengevaluasi kinerja DKP, membahas masalah, tantangan serta upaya-upaya penyelesaiannya dalam rangka pemantapan ketahanan pangan daerah. Adapun output yang diharapkan dari Pertemuan Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Tahun 2018 ini adalah rumusan Kesepakatan Bupati selaku Ketua DKP Kabupaten yang merupakan komitmen kepala daerah dalam sinergi program terkait pangan di Kabupaten Kotawaringin Timur guna membangun kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Peserta Pertemuan Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) adalah Bapak Bupati selaku Ketua DKP Kabupaten Kotawaringin Timur, Wakil Ketua, Ketua Harian, para Kepala Dinas/Unit Kerja  (SOPD) sebagai anggota Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Kotawarin Timur dan Mantri Tani se-Kotim. Sampai saat ini, jumlah peserta yang telah hadir sebanyak 100 peserta.

Pelaksanaan Pertemuan Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Tahun 2018  mengangkat tema “Sinergi Program Aksi Pangan menuju Kedaulatan Pangan”. Materi dan narasumber pada Pertemuan Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) di Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2018  ini adalah :

  1. Peran Strategis Dewan Ketahanan Pangan oleh Ir. Sutrisno (Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah);
  2. Materi terkait Kebijakan Strategis dan Rencana Aksi Pangan serta dukungan dari 8 SOPD Kabupaten Kotawaringin Timur, yaitu :
  3. Kepala Bappeda Kab.Kotim;
  4. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab.Kotim;
  5. Kepala Dinas Pertanian Kab.Kotim;
  6. Kepala Dinas Perikanan Kab.Kotim;
  7. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sampit;
  8. Kepala Perum Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.
  9. Kepala Perum Bulog Sampit;
  10. Kepala BPS Kab.Kotim.