Pada tahun 2018 Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kotawaringin Timur akan menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-38. Lomba Cipta Menu Tingkat Kabupaten akan di ikuti oleh TP-PKK Kecamatan. Peserta Lomba akan menyajikan menu makanan 1 (Satu) hari 3 (tiga) kali Waktu makan untuk keluarga dalam bentuk display. Menu yang disajikan adalah menu beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal yang dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari, dan bukan hanya pada saat lomba saja. Hal ini dimaksudkan untuk melihat penerapan aspek keanekaragaman dan keseimbangan pangan dalam menu dengan tetap mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal.

 1

Sebagai tema pelaksanaan lomba cipta menu tingkat Kabupaten Tahun 2018, untuk mengangkat kembali Citra makanan khas daerah “ Berbasis Sumber Daya Lokal” yang selama ini kalah bersaing dengan makanan modern (fast Food), maka dipandang perlu untuk mengembangkan menu B2SA yang berbasis pada kearifan lokal, dimana menu yang diciptakan dengan memodifikasi/menggunakan resep makanan khas daerah, yakni menu utama yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang disesuaikan dengan prinsip beragam, bergizi seimbang, dan aman. Adapun pangan sumber karbohidrat tetap menggunakan pangan lokal selain beras dan terigu untuk mengguranggi ketergantungan terhadap beras sebagai pangan pokok dan mendorong penggunaan pangan lokal seperti jagung, sorghum, jawawut, singkong, ubi jalar, sagu, gayong, sukun, pisang dan sejenisnya dengan tetap memperhatikan prinsip B2SA.

2

Pelaksanaan Kegiatan dari Lomba BBSA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) Tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2018 dilaksanakan Pada tanggal 19 Juli 2018 di Gedung Wanita Sampit dengan 9 peserta yaitu TP.PKK Kecamatan MB. Ketapang, TP.PKK Kecamatan MH. Selatan, PKK Kecamatan Baamang, PKK Kota Besi, TP.PKK Kecamatan Cempaga, PKK Kecamatan Cempaga Hulu, PKK Kecamatan Mentaya Hulu, PKK Kecamatan Teluk Sampit, TP. PKK Kecamatan Parenggean